65 Persen Pemilih di Batam Telah Dicoklit KPU

TERASBATAM.ID: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam telah menyelesaikan pencocokan dan penelitian (coklit) terhadap 587 ribu pemilih atau 65 persen dari total 890.242 daftar pemilih di wilayah tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kota Batam, Adri Wislawawan, pada Jumat (05/07/2024).

“Proses coklit ini bertujuan untuk memastikan data pemilih di Pilkada 2024 mendatang akurat dan mutakhir,” jelas Adri.

Lebih lanjut, Adri menerangkan bahwa coklit dilakukan oleh 3.403 panitia pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) di 1.811 TPS yang tersebar di Kota Batam. Pelaksanaan coklit berlangsung sejak 24 Juni hingga 24 Juli 2024.

Meskipun tidak menemui kendala berarti, Adri mengakui bahwa beberapa pemilih masih enggan berpartisipasi dalam proses coklit. Selain itu, ada pula pemilih yang kesulitan mencari dokumen kependudukan mereka.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Batam untuk proaktif dalam proses coklit. Hal ini penting untuk memastikan hak pilih mereka pada Pilkada 2024 mendatang,” tegas Adri.

KPU Kota Batam berharap dengan selesainya coklit, data pemilih dapat segera divalidasi dan difinalisasi. Hasil finalisasi data pemilih ini akan menjadi dasar penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada 2024.

[laporan : RMA]