Thailand Legalkan Pernikahan Sejenis, Indonesia Diminta Waspada

TERASBATAM.ID: Legalisasi pernikahan sejenis di Thailand memicu kekhawatiran di Indonesia. Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) meminta Indonesia untuk mewaspadai penyimpangan hukum yang tidak sesuai dengan Pancasila, termasuk penyebaran penyimpangan seksual LGBT.

“Kita perlu semakin waspada atas penyimpangan hukum yang tidak sesuai dengan Pancasila. Termasuk penyebaran penyimpangan seksual LGBT,” kata HNW, dilansir detikcom, Kamis (20/06/2024).

HNW menjelaskan, meskipun pernikahan sejenis telah dilegalkan di Thailand, Indonesia memiliki nilai-nilai dan norma yang berbeda. Ia menekankan bahwa pernikahan di Indonesia hanya sah jika dilakukan antara laki-laki dan perempuan.

“Pernikahan itu hanya sah kalau dilakukan antara laki-laki dan perempuan. Itu sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945,” tegasnya.

HNW juga mengingatkan agar masyarakat Indonesia tidak terpengaruh dengan legalisasi pernikahan sejenis di Thailand. Ia meminta masyarakat untuk tetap menjaga nilai-nilai dan norma yang berlaku di Indonesia.

“Kita jangan terpengaruh dengan budaya luar. Kita harus jaga nilai-nilai dan norma yang berlaku di Indonesia,” imbuhnya.

Legalisasi pernikahan sejenis di Thailand merupakan langkah maju bagi hak-hak LGBT di negara tersebut. Namun, di Indonesia, isu ini masih menjadi perdebatan dan menuai kontroversi.

Penting untuk diingat bahwa setiap negara memiliki kedaulatannya sendiri untuk mengatur hukum dan norma yang berlaku di negaranya. Indonesia perlu terus memperkuat nilai-nilai dan norma yang berlaku di masyarakat, serta menghormati perbedaan pendapat dan keyakinan.