SYL Akui Beri Uang Rp 1,3 Miliar ke Firli Bahuri

TERASBATAM.ID: Mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), mengakui pernah menyerahkan uang senilai Rp 1,3 miliar kepada mantan Ketua KPK, Firli Bahuri. Uang tersebut diserahkan dalam dua kali penyerahan, dengan nilai Rp 500 juta dan Rp 800 juta.

Pertemuan antara SYL dan Firli Bahuri terjadi di sebuah lapangan badminton di kawasan Jakarta Pusat. SYL mengatakan bahwa Firli mengundangnya untuk datang ke GOR badminton tersebut. Namun, tujuan pasti dari pertemuan tersebut belum sepenuhnya terungkap.

Ketika ditanya tentang penyerahan uang ke Firli, SYL mengakui bahwa ia menyerahkan uang senilai Rp 500 juta dalam bentuk dana valas. Meskipun secara umum tidak ada penyampaian terkait penyelidikan kasus gratifikasi dan pemerasan oleh KPK di Kementerian Pertanian, pertemuan ini menimbulkan pertanyaan lebih lanjut.

“Pada persidangan yang lalu juga terungkap bahwa saudara ada komunikasi tadi saudara sudah menjelaskan atas pertanyaan saya juga, ada penyelidikan dari KPK sehubungan dengan ini, kemudian saudara menjumpai beberapa kali sampai ada berita, bahwa saudara menjumpai Katua KPK, Pak Firli bahuri. Yang viral itu pada saat pertemuan saudara di GOR yang ada fotonya. Apa maksud saudara mau ketemu dengan Ketua KPK Firli Bahuri itu? Kalau memang saudara benar-benar tidak tahu waktu itu, apa maksud saudara ketemu dengan Pak Firli Bahuri?” tanya hakim Rianto Adam Pontoh dalam persidangan di PN Tipikor Jakarta, Senin (24/6/2024) seperti dikutip www.detik.com.