Perilaku Anomali Jadi Target Operasi Udara Maritim Bakamla RI

TERASBATAM.ID: Badan Keamanan Laut RI (Bakamla) menggelar patrol Bersama Tahun 2023 yang melibatkan unsur Operasi Udara Maritim Bakamla. Patroli Udara yang dilakukan kali ini mengedepankan laporan atas penemuan kapal-kapal yang dinilai anomaly oleh Pusat Komando dan Pengendalian Bakamla.

Direktur Operasi Udara Maritim Bakamla RI Laksma Bakamla Ferdinand Roring yang memimpin unsur Operasi Udara Maritim Bakamla menyebutkan bahwa patrol udara juga digelar di wilayah perairan Bitung, Sulawesi Utara.

“Patroli udara kali ini, mengedepankan laporan atas penemuan kapal-kapal yang dianggap anomali oleh Puskodal Bakamla RI. Dari data tersebut, unsur patroli udara langsung menuju titik keberadaan kapal target dan melakukan visualisasi udara,” kata Ferdinand, Jumat (24/03/2023) lalu.

Menurut Ferdinand, selain itu kapal ikan asing dan juga kapal perang asing turut menjadi fokus pemantuan dalam patroli ini. Patroli udara ini dilakukan untuk mendukung jalannya Patroli Bersama Tahun 2023 yang berlangsung di laut.

Kerja sama dan koordinasi ketat dilakukan dengan instansi-instansi terkait. Sebut saja Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud), Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut (Lanudal), dan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP).

Patroli udara ini dilakukan beriringan dengan patroli bersama di laut. Hal ini guna menunjang jalannya Patroli Bersama Tahun 2023 agar dapat mencapai tujuannya, yaitu terciptanya keamanan dan keselamatan di perairan Indonesia. (Humas Bakamla RI)