Mak Nyak si Doel Jadi Google Doodle Hari Ini

TERASBATAM.ID: Hari ini, Senin (29/01/2024), Google Doodle merayakan ulang tahun kelahiran Siti Aminah Cendrakasih, ikon perfilman Indonesia yang dikenal karena perannya sebagai ‘Mak Nyak’ dalam serial TV terkenal ‘Si Doel Anak Sekolahan’. Doodle Google menggambarkan sosok Aminah Cendrakasih dengan kerudung khas yang mengingatkan pada karakternya sebagai Mak Nyak, dengan palet warna lembut yang mencakup jingga, kuning, hijau, dan biru tua.

Latar belakang Doodle menampilkan ilustrasi televisi kuno, mencerminkan era pertama penayangan ‘Si Doel Anak Sekolahan’ pada tahun 1994-1997. Selain kesuksesan dalam serial ini, Aminah Cendrakasih juga berperan dalam berbagai sinetron dan film layar lebar Indonesia, termasuk ‘Rumah Masa Depan’, ‘Oh, Ibuku’, dan ‘Ibu dan Putri’. Menurut laman Festival Film Indonesia (FFI), Aminah Cendrakasih telah membintangi 101 film antara tahun 1955-1989.

Setelah berperan dalam ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’ pada 1959 dan menikah, Aminah Cendrakasih sempat vakum dari dunia perfilman sebelum kembali melalui beberapa serial televisi pada tahun 1970-an. Kedua orang tuanya, ibunya Wolly Sutinah alias ‘Mak Wok’ adalah seorang pemeran, sementara ayahnya Husni Nugib adalah seorang pelawak.

Prestasi terbesar Aminah Cendrakasih adalah menerima ‘Lifetime Achievement Award’ dari Indonesia Movie Awards pada 2013, walaupun pada saat itu ia sudah kehilangan penglihatannya karena glaukoma. Aminah Cendrakasih meninggal dunia pada 21 Desember 2022, meninggalkan warisan seni yang tak terlupakan.