Jusuf Kalla Saksikan Penyerahan Ambulans dari Diaspora Indonesia di Singapura

  • Bagikan

TerasBatam.id: Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang juga Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) menyaksikan penyerahan bantuan satu unit mobil ambulans dari diaspora Indonesia di Singapura kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi DKI Jakarta, Jumat, (15/10/2021) secara daring.

Diaspora Indonesia di Singapura yang tergabung dalam Forum Komunikasi Masyarakat Indonesia di Singapura (FKMIS)  menyerahkan bantuan 1 (satu) unit Mobil Ambulance tersebut yang secara simbolis diberikan oleh Direktur Asia Tenggara Kementerian Luar Negeri, Mirza Hidayat atas nama KBRI Singapura dan Diaspora Indonesia di Singapura. Mobil ambulance tersebut diterima oleh Ketua Pengurus PMI DKI Jakarta, H. Rustam Effendi.

Acara serah terima bantuan tersebut dihadiri oleh mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum PMI Pusat, Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri Indonesia, Cecep Herawan, Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Suryo Pratomo, serta perwakilan Diaspora Indonesia di Singapura secara daring.

Pada sambutannya, Ketua PMI DKI Jakarta memberikan apresiasi atas kepedulian dan kontribusi KBRI Singapura dan diaspora Indonesia di Singapura yang membantu pelayanan ambulans bagi masyarakat yang membutuhkan dalam penanganan kegawatdaruratan. Ambulance tersebut akan digunakan sebagai mini ICU di lokasi sentra vaksinasi PMI Provinsi DKI Jakarta. Ditekankan Rustam bahwa semua yang dimiliki PMI saat ini, baik dalam bentuk kendaraan operasional, peralatan kesiapsiagaan bencana, sumbangan dana, pelayanan donor darah dan berbagai program lainnya merupakan milik masyarakat dan digunakan untuk melayani masyarakat.

Sementara itu, Sekjen Kemlu sampaikan penghargaan atas bantuan yang selama ini diberikan Pemerintah Singapura dan diaspora Indonesia di Singapura yang merupakan bentuk kasih sayang dan dukungan kepada saudara-saudara di Indonesia. Disampaikan Cecep bahwa Kemlu juga membuat program Diplomat Peduli untuk masyarakat Indonesia khususnya warga di sekitar lingkungan Kemlu yang memerlukan bantuan. A friend in need is a friend indeed, Pemerintah dan masyarakat Singapura serta diaspora Indonesia di Singapura telah menunjukkan hal itu dengan selalu siap membantu saudara di Indonesia.

Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Suryo Pratomo dalam sambutannya menyatakan bahwa COVID-19 merupakan wajah pilu dan sedih dimana 140.000 WNI meninggal dunia karenanya. Namun selalu terdapat kepedulian. Perwakilan RI di luar negeri dan diaspora mengumpulkan dana untuk mengirim bantuan ke Indonesia. Dompet peduli dari diaspora Singapura selama 2 bulan mencapai 327.000 SGD dan bantuan perusahaan mencapai 1 Juta SGD sehingga total sebesar 1,3 Juta SGD. Dari dana tersebut, dapat dibelikan 12 unit Oxygen Generator dan 1 unit ambulance. “Saya harap ambulance ini dapat dimanfaatkan oleh PMI Indonesia khususnya untuk masyarakat Jakarta yang membutuhkan penanganan cepat dan tepat dalam kondisi genting dan darurat”, ujar Dubes Tommy.

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla saat menyaksikan penyerahaan bantuan mobil ambulance dari Diaspora Indonesia di Singapura, Jumat (15/10/2021). (photo: KBRI Singapura)

Dalam kesempatan ini, Ketua Umum PMI Pusat, Jusuf Kalla, sampaikan bahwa PMI bekerja dalam kondisi darurat dan bencana. Kebutuhan akan peralatan kesehatan dan kendaraan sangat penting. 1000 kendaraan PMI dengan 300 ambulance dan kendaraan lain menjadi salah satu faktor utama dalam memberikan pelayanan yang cepat. “Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada dubes dan masyarakat Indonesia di Singapura atas bantuannya. Terdapat 190 RS di Jakarta yang membutuhkan bantuan dari PMI Jakarta termasuk ambulance, sehingga bantuan ambulance ini sangat tepat dan mendukung upaya kesigapan penanganan bencana dan kondisi darurat lainnya”, tegas Jusuf Kalla. (sumber: press release KBRI Singapura)

 

  • Bagikan