Gangguan Sistem PDN: Layanan Keimigrasian Terhambat, Imigrasi Upayakan Pemulihan Secepatnya

Pemulihan Manfaatkan data backup PDN di Batam

TERASBATAM.ID: Gangguan sistem Pusat Data Nasional (PDN) Kementerian Kominfo pada Kamis (20/6/2024) berdampak pada layanan keimigrasian di seluruh Indonesia. Hal ini menyebabkan antrian dan keterlambatan di berbagai bandara dan pelabuhan.

Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim, mengatakan bahwa pihaknya sedang berupaya keras untuk memulihkan aplikasi dan data dengan memanfaatkan data backup PDN di Batam. “Kami upayakan agar layanan bisa pulih secepat mungkin,” ujarnya dalam keterangan pers yang diterbitkan Ditjen Imigrasi, Kamis (20/06/2024).

Meskipun sistem terhambat, petugas imigrasi tetap melayani penumpang yang akan melakukan penerbangan atau kedatangan di bandara dan pelabuhan. Namun, proses pemeriksaan menjadi lebih lambat, sehingga penumpang diimbau untuk datang lebih awal ke bandara.

Sementara itu, layanan keimigrasian di kantor imigrasi juga terkendala. Masyarakat yang sudah terjadwal untuk wawancara dan pengambilan data biometrik paspor tetap dilayani, namun permohonan percepatan paspor satu hari jadi tidak dapat dilayani untuk sementara.

Ditjen Imigrasi akan terus memantau situasi dan menyampaikan informasi terbaru kepada masyarakat terkait pemulihan sistem PDN dan normalisasi layanan keimigrasian.

Berikut beberapa poin penting:

  • Gangguan sistem PDN berdampak pada layanan keimigrasian di seluruh Indonesia.
  • Proses pemeriksaan imigrasi di bandara dan pelabuhan menjadi lebih lambat.
  • Penumpang diimbau untuk datang lebih awal ke bandara.
  • Layanan keimigrasian di kantor imigrasi masih berjalan, namun permohonan percepatan paspor satu hari jadi tidak dapat dilayani.
  • Ditjen Imigrasi terus berupaya memulihkan sistem dan akan menyampaikan informasi terbaru kepada masyarakat.