7 Cara Merawat Action Figure agar Tidak Mudah Rusak

TERASBATAM.ID: Bagi pencinta action figure, koleksi yang mereka miliki adalah harta karun yang tidak boleh diabaikan apalagi sampai rusak. Itulah kenapa perawatan pada action figure harus benar-benar dilakukan dengan baik untuk menghindari terjadinya kerusakan.

Sayangnya banyak sekali pemilik action figure yang jarang merawat dengan baik dan hanya bisa membeli. Padahal ada banyak sekali produk seperti action figure Gojo Satoru atau Naruto yang dikenal cukup langka dan harus dirawat dengan baik.

Jika Anda mulai mengoleksi action figure dan tidak ingin harta karunnya ini mengalami kerusakan, ada baiknya untuk melakukan beberapa hal yang akan dibahas dalam artikel. Dengan begitu, risiko mengalami kerusakan atau bahkan hilang akan rendah.

1.    Jangan Terkena Sinar Matahari Langsung

Usahakan untuk menghindari sinar matahari secara langsung. Karena jika terkena sinar matahari secara langsung biasanya action figure akan mengalami kerusakan pada bagian warna. Biasanya warnanya akan mengalami pemutaran.

Beberapa bagian yang warnanya sangat terang bisa menjadi sangat buram atau bahkan menjadi kehitaman. Itulah kenapa disarankan untuk selalu meletakkannya di dalam lemari atau di dalam ruangan yang tertutup.

Selain hilangnya warna asli pada action figure. Ada juga masalah lain seperti munculnya pengeroposan pada bahan action figure yang nantinya digunakan. Ini bisa terjadi karena sinar matahari menyebabkan kerusakan pada bahan.

2.    Tetap Taruh di Wadahnya

Beberapa orang ada yang lebih suka mengeluarkan action figure dari wadahnya atau kotak pembungkusnya. Namun ada juga yang lebih menyukai tetap memasukkannya di dalam wadah ketika menyimpan.

Apabila disimpan di dalam lemari yang tertutup dengan rapi mungkin tidak ada masalah jika dikeluarkan. Namun apabila diletakkan di atas meja ataupun almari lebih baik masih di dalam wadahnya terlebih dahulu.

Apabila diletakkan di dalam wadah atau di tempat yang tertutup biasanya lebih aman dari debu. Jadi Anda juga tidak akan perlu melakukan proses pembersihan secara terus-menerus. Karena produk ini apabila sering dipegang juga bisa rusak.

3.    Letakkan di Dalam Lemari

Usahakan untuk diletakkan di dalam lemari daripada diletakkan di atas meja atau sejenisnya. Apabila sudah memiliki lemari khusus lebih baik seluruh action figure dimasukkan ke dalamnya. Setelah itu bisa ditutup dengan rapi.

Apabila diletakkan di dalam lemari maka untuk menikmatinya bisa langsung dilihat dari luar. Jadi usahakan untuk membuat lemari yang sebagian besar komponennya terbuat dari kaca sehingga bisa tembus pandang.

Dengan cara ini maka action figure tidak harus dipegang setiap saat ketika ingin memainkannya. Selain itu dengan menggunakan lemari kaca juga akan memudahkan untuk memamerkan koleksi yang dimiliki.

4.    Perhatikan Kelembaban

Perhatikan kelembaban dari lemari ataupun tempat penyimpanan dari action figure. Karena juga kelembabannya sangat tinggi bisa menyebabkan action figure mengalami jamuran atau mengalami kerusakan.

Kenapa biasanya selalu diberikan ventilasi ataupun tempat untuk menghindari kelembaban yang terlalu tinggi. Dengan melakukan ini maka efektif yang disimpan akan lebih aman sehingga kerusakan bisa dicegah.

Bila perlu bisa disediakan tempat khusus. Jadi tempat itu bisa melakukan proses pengontrolan pada kelembaban sehingga bisa menghindari terjadinya kerusakan.

5.    Bersihkan secara Rutin

Ada baiknya untuk dibersihkan secara rutin paling tidak setiap satu bulan sekali. Apabila diletakkan di bagian luar maka pembersihan harus dilakukan paling tidak satu minggu sekali.

Dengan pembersihan ini maka risiko untuk mengalami kerusakan atau adanya kotoran yang menempel akan lebih kecil. Namun selalu diperhatikan proses pembersihan agar tidak dilakukan secara sembarangan.

Selalu hindari penggunaan sampo khusus ataupun detergen untuk membersihkan. Apabila hal itu dilakukan kemungkinan besar bisa menyebabkan kerusakan warna atau bahan dari action figure.

6.    Jauhkan dari Anak-anak

Hal yang sebenarnya sangat penting dan tidak boleh diabaikan begitu saja adalah menjauhkan action figure dari anak-anak. Dengan menjauhkannya risiko untuk mengalami kerusakan juga akan semakin kecil.

Karena sudah diketahui bersama jika penggunaan action figure pada anak-anak biasanya tidak dilakukan dengan baik. Kakak bisa mengalami mata atau kerusakan lainnya.

7.    Baca Manual

Hal terakhir yang harus diperhatikan apabila ingin merawat action figure adalah dengan membaca buku manualnya terlebih dahulu. Biasanya action figure yang sedikit lebih mahal akan memiliki manual book dan berisi hal-hal yang harus dilakukan.

Misal bagaimana melakukan perawatan pada action figure untuk menghindari kerusakan. Kalau semacam ini harus benar-benar diperhatikan dengan baik sehingga proses perawatan pada action figure bisa berjalan dengan lancar.

Karena biasanya bahan yang dipakai untuk action figure akan bervariasi. Jadi cara untuk melakukan perawatannya juga akan berbeda-beda. Apabila sampai salah melakukan perawatan bisa menyebabkan kerusakan.

Ternyata merawat action figure tidak bisa dilakukan secara sembarangan, apalagi ada banyak hal yang tidak bisa dimodifikasi atau diperbaiki. Jadi, lakukan semuanya dengan baik dan pastikan tidak ada yang mengalami kerusakan.

Apabila Anda merasa sudah mampu melakukan semua yang sudah dibahas di atas, dapatkan action figure terbaik dengan menggunakan marketplace seperti Blibli. Ada banyak sekali koleksi yang bisa didapatkan termasuk Gojo Satoru, Naruto, atau One Piece.