Binondo, Mengenal Chinatown Tertua di Dunia

TERASBATAM.ID: Binondo adalah sebuah distrik yang terletak di pusat Kota Manila, Filipina. Distrik ini dikenal sebagai salah satu dari beberapa Chinatown terbesar di dunia. Binondo memiliki sejarah yang kaya dan beragam budaya yang mencerminkan pengaruh Tionghoa yang kuat di wilayah ini.

Pada abad ke-16, Binondo telah menjadi pusat perdagangan bagi komunitas Tionghoa di Filipina. Wilayah ini dinamakan sesuai dengan kata “binundok” yang berarti “penggali parit” dalam bahasa Spanyol. Nama ini merujuk pada upaya awal untuk mengatasi banjir di kawasan tersebut. Seiring berjalannya waktu, Binondo tumbuh menjadi pusat perdagangan yang penting dan menjadi rumah bagi berbagai komunitas Tionghoa yang beragam.

Salah satu aspek yang paling menonjol dari Binondo adalah budayanya yang kaya. Setiap tahunnya, distrik ini menjadi tuan rumah perayaan Tahun Baru Imlek yang spektakuler. Pesta meriah ini mencakup atraksi seni tradisional Tionghoa, tarian naga, kembang api, dan makanan Tionghoa autentik yang lezat. Perayaan Tahun Baru Imlek di Binondo adalah salah satu acara terbesar dan paling berwarna di Filipina.

Binondo juga dikenal sebagai surga bagi para pecinta kuliner. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai restoran dan toko makanan yang menjual hidangan Tionghoa autentik seperti dumpling, bakmi, bakpao, dan lumpia. Makanan jalanan juga sangat populer di Binondo, dengan pedagang yang menjual makanan ringan seperti kwek-kwek (telur puyuh goreng), taho (soy pudding), dan bola-bola ikan.

Selain kekayaan budayanya, Binondo juga memiliki berbagai situs bersejarah yang menarik. Gereja St. Lorenzo Ruiz, yang dikenal sebagai Gereja Binondo, adalah salah satu contohnya. Gereja ini adalah salah satu gereja Katolik tertua di Filipina dan memiliki arsitektur yang mengagumkan.

Selain itu, Binondo juga terkenal karena memiliki banyak toko perhiasan dan emas yang menjual perhiasan Tionghoa yang indah dan berharga. Beberapa dari mereka telah ada selama berabad-abad dan menjadi tujuan populer bagi mereka yang mencari perhiasan unik.

Selama beberapa dekade terakhir, Binondo telah mengalami perkembangan pesat dalam hal bisnis dan infrastruktur. Kawasan ini kini memiliki banyak pusat perbelanjaan modern, bank, dan gedung perkantoran. Namun, kekayaan sejarah dan budaya Binondo tetap terasa kuat, dan distrik ini terus menjadi daya tarik bagi wisatawan dan penduduk setempat.

Secara keseluruhan, Binondo adalah tempat yang unik dan menarik yang mencerminkan hubungan yang kuat antara Filipina dan Tiongkok. Dengan sejarahnya yang kaya, budayanya yang beragam, dan makanan yang lezat, Binondo adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat berada di Manila.