Bakamla RI Bersama Malaysia Siapkan Operasi di Selat Malaka

TERASBATAM.ID:  Direktur Operasi Laut Bakamla RI, Laksma Bakamla Basri Mustari, yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Perancang Operasi Maritim (TPOM) Indonesia, bersama dengan Ketua TPOM Malaysia, Laksma Maritim Vincent A/L Rajamony, menggelar Rapat TPOM Malindo 32 Tahun 2024 di Melaka, Malaysia, pada Selasa (05/03/2024) lalu.

Rapat tersebut membahas Laporan Kegiatan Patroli Terkoordinasi (Patkor) Optima Malindo 2023, Rencana Patkor Optima 2024, dan isu terkini Perbatasan Laut antara kedua negara. Terkait Kegiatan Patkor Optima Malindo tahun 2024, pembukaannya direncanakan di Penang, Malaysia, dengan mengirim delegasi dan unsur patroli K/L terkait, sementara penutupannya dijadwalkan di Batam.

Laksma Bakamla Basri Mustari menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat selama di Malaysia, serta salam dari Kepala Bakamla RI, Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Oplsa., kepada Ketua TPOM Malaysia, beserta jajaran.

“Sebagai negara serumpun dan bertetangga, kerja sama Malaysia dan Indonesia sangat berperan dalam melaksanakan kegiatan keamanan dan keselamatan di yurisdiksi perairan masing-masing, terutama di Selat Malaka yang memiliki berbagai tindak kejahatan dan pelanggaran hukum di laut. Perlu adanya kerja sama yang optimal dan semangat dalam satu visi, demi terjaminnya rasa aman dan nyaman bagi pengguna laut di Selat Malaka,” ujarnya.

Rapat dihadiri oleh instansi terkait masing-masing negara. Perwakilan dari Indonesia meliputi Bakamla RI, TNI, Polairud, PSDKP, Bea Cukai, KPLP, dan Imigrasi.