BerandaBatam RayaSiaga Haji 2025: Hang Nadim Tingkatkan Layanan

Siaga Haji 2025: Hang Nadim Tingkatkan Layanan

Diterbitkan pada

spot_img

TERASBATAM.id – PT Bandara Internasional Batam (BIB) menyatakan kesiapan penuh Bandara Internasional Hang Nadim Batam untuk menyambut dan melayani 11.847 Calon Jemaah Haji (CJH) tahun 2025 sebagai embarkasi utama. Jumlah jemaah tersebut berasal dari empat provinsi, yakni Kepulauan Riau, Pontianak, Riau, dan Jambi, yang akan diberangkatkan dalam 27 kelompok terbang (kloter).

Direktur Utama PT BIB, Pikri Ilham Kurniansyah, menegaskan komitmen perusahaan untuk memberikan layanan terbaik demi kelancaran perjalanan ibadah para calon jemaah haji. “Kami PT BIB berkomitmen memberikan layanan terbaik untuk mendukung kelancaran perjalanan ibadah para calon jemaah haji. Dengan kesiapan fasilitas, personel, dan koordinasi yang matang, kami berharap seluruh proses embarkasi dan debarkasi dapat berjalan aman, nyaman, dan penuh keberkahan,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (28/4/2025).

Penerbangan haji tahun ini akan dilayani oleh maskapai Saudia Airlines menggunakan pesawat berbadan lebar Boeing 777-300ER berkapasitas 440 kursi. Rincian jumlah CJH yang akan diberangkatkan melalui Hang Nadim adalah 1.291 jemaah dari Kepulauan Riau, 2.519 jemaah dari Pontianak, 5.047 jemaah dari Riau, dan 2.909 jemaah dari Jambi. Proses pemberangkatan (embarkasi) dijadwalkan berlangsung mulai 2 Mei hingga 31 Mei 2025, sementara proses kedatangan kembali (debarkasi) akan dilaksanakan mulai 12 Juni hingga 12 Juli 2025. Sebanyak 81 petugas kloter juga telah disiapkan untuk mendampingi para jemaah selama perjalanan.

BACA JUGA:  Baliho Bacalon Marak, Bawaslu: "Penertiban Ranah Pemko Batam!"

Untuk memastikan kelancaran operasional, PT BIB telah menyiapkan skenario khusus yang meliputi pengelolaan alur penempatan pesawat besar dan pesawat pengumpul (feeder), alur keberangkatan dan kedatangan jemaah, serta mekanisme penjemputan CJH dari Bandara Hang Nadim menuju Asrama Haji Batam. Penanganan dan pemeriksaan jemaah beserta barang bawaan di Asrama Haji juga telah dipersiapkan dengan sistem yang terintegrasi.

Dari sisi kesiapan bandara (Airport Readiness), sebanyak 364 personel, termasuk bantuan dari TNI dan Polri, akan diterjunkan untuk memastikan kelancaran operasional. Bandara Hang Nadim juga menyediakan ruang tunggu khusus CJH yang dilengkapi fasilitas ramah disabilitas, mushola, ruang menyusui, shower room, stasiun pengisian daya, serta fasilitas kenyamanan lainnya. Dalam hal kesiapsiagaan bandara (Airport Preparedness), PT BIB fokus memastikan seluruh sistem keselamatan, keamanan, dan pelayanan berjalan optimal. Pemeriksaan keamanan jemaah dan bagasi akan dilakukan dengan prosedur ketat, pengaturan slot time penerbangan dimaksimalkan, dan penyesuaian jam operasi bandara telah disiapkan jika diperlukan. PT BIB juga siap melaporkan setiap peristiwa penting kepada otoritas terkait dan telah menunjuk narahubung khusus untuk kelancaran komunikasi dengan Kementerian Perhubungan.

BACA JUGA:  OJK: Pemahaman Masyarakat Soal “Pinjam Uang” Masih Rendah

Sebagai langkah antisipasi terhadap berbagai situasi tak terduga, PT BIB juga telah menyiapkan Contingency Plan yang mencakup langkah-langkah menghadapi keadaan darurat, force majeure, keterlambatan penerbangan, hingga cuaca ekstrem. Dalam mendukung kelancaran angkutan haji ini, koordinasi intensif telah dilakukan dengan maskapai internasional Saudia Airlines untuk penerbangan langsung Batam–Jeddah, serta dengan maskapai domestik seperti Citilink, Lion Air, dan Sriwijaya Air untuk pengumpulan jemaah dari berbagai daerah menuju Embarkasi Batam. Koordinasi erat juga terjalin dengan Kementerian Agama, Badan Karantina, Bea Cukai, dan Imigrasi untuk memastikan seluruh proses keberangkatan berjalan sesuai prosedur keselamatan, kesehatan, dan pelayanan.

Pikri Ilham Kurniansyah menambahkan, “Kami juga mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji kepada seluruh calon jemaah, semoga diberi kelancaran, kesehatan, dan menjadi haji yang mabrur.” PT Bandara Internasional Batam menyatakan komitmen penuh untuk menghadirkan pelayanan terbaik demi suksesnya penyelenggaraan Angkutan Haji 2025 melalui Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

[winneke asmeralda]

Latest articles

Desember Mendatang, Indonesia-AS Gelar Latihan Militer Bersama di Batam

TERASBATAM.ID - Indonesia dan Amerika Serikat (AS) semakin mempererat kerja sama pertahanan strategis dengan...

Antrean Truk Sampah di TPA Mulai Terurai

TERASBATAM.ID - Pemerintah Kota Batam bergerak cepat mengatasi krisis antrean truk sampah yang memanjang...

Nataru 2025: Pelni Geser KM NGGAPULU, Tiket Diskon 20 Persen

KM Nggapulu dipindah ke rute Barat untuk antisipasi lonjakan penumpang di Batam. Stimulus nasional...

Razia Gabungan: Kendaraan Luar Batam, Pajak Mati Langsung Disikat!

Jelang Nataru, Pemkot Batam bersama Dishub, Samsat, dan Polresta Barelang gelar penertiban besar-besaran. Target...

More like this

Desember Mendatang, Indonesia-AS Gelar Latihan Militer Bersama di Batam

TERASBATAM.ID - Indonesia dan Amerika Serikat (AS) semakin mempererat kerja sama pertahanan strategis dengan...

Antrean Truk Sampah di TPA Mulai Terurai

TERASBATAM.ID - Pemerintah Kota Batam bergerak cepat mengatasi krisis antrean truk sampah yang memanjang...

Nataru 2025: Pelni Geser KM NGGAPULU, Tiket Diskon 20 Persen

KM Nggapulu dipindah ke rute Barat untuk antisipasi lonjakan penumpang di Batam. Stimulus nasional...