TERASBATAM.id – PT Pelni Cabang Batam menggenjot layanan check-in daring melalui aplikasi Pelni Mobile untuk mengantisipasi antrean panjang penumpang, terutama menjelang musim mudik. Inovasi ini memungkinkan penumpang untuk melakukan check-in dari 12 jam hingga 30 menit sebelum keberangkatan kapal.
“Bulan Desember itu kami sudah membuka layanan check-in online. Jadi check-in online itu 12 jam sampai dengan 30 menit sebelum keberangkatan kapal,” ujar Kepala PT Pelni Cabang Batam, Edwin Kurniansyah, Sabtu (01/03/2025).
Layanan check-in daring ini berlaku untuk semua pembelian tiket Pelni, baik melalui aplikasi Pelni Mobile, gerai Alfamart, Indomaret, loket atau agen resmi, maupun Livin’ Mandiri. “Misalnya penumpang membeli tiket bukan melalui Pelni Mobile, tapi di gerai Alfamart, Indomaret, loket atau agen resmi, dan sekarang juga bisa beli lewat Livin Mandiri. Itu akan mendapatkan kode booking, dari situ penumpang bisa check-in melalui Pelni Mobile,” jelas Edwin.
Selain check-in daring, Pelni Batam juga menerapkan layanan penukaran boarding pass 1×24 jam di pelabuhan penumpang selama musim ramai (peak season). “Kalau penumpang tukar dari e-ticket menuju boarding pass itu tidak perlu pada saat keberangkatan. Tapi kita sudah buka 1×24 jam,” kata Edwin.
Edwin menambahkan bahwa Pelni terus berupaya meningkatkan dan memudahkan pelayanan kepada masyarakat melalui aplikasi Pelni Mobile. Pelabuhan penumpang Pelni Batam juga telah pindah ke Pelabuhan Bintang 99 Batam pada Desember 2024, di mana Pelni bekerja sama dengan pengelola pelabuhan dan pemangku kebijakan terkait untuk memberikan fasilitas terbaik bagi pengguna jasa Pelni.
“Kami selalu koordinasi agar penumpang tidak berdesak-desakan, kemudian bisa dilayani dengan semaksimal mungkin. Dari pihak Pelabuhan Bintang 99 pun mereka juga sangat baik, memfilter penumpang yang akan berangkat, mulai dari pintu depan. Sudah ada autogate juga, yang bisa masuk hanya yang punya pass pelabuhan, jadi penumpang saja yang bisa masuk,” ujarnya.
[rma]


