TERASBATAM.ID: PT PLN Batam memberlakukan penyesuaian tarif tenaga listrik (tariff adjustment) untuk triwulan III 2024. Hal ini sejalan dengan keputusan pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang bertujuan untuk menjaga daya saing industri di Batam dan memastikan keberlangsungan penyediaan listrik di wilayah tersebut.
Penyesuaian tarif ini hanya menyasar 11 dari 23 golongan pelanggan, dengan pelanggan rumah tangga 1.300 VA dan 2.200 VA (6 ampere dan 10 ampere) mengalami penyesuaian sebesar 6%. Tarif adjustment baru diberlakukan pada pemakaian bulan Juli ini dan akan dihitung pada pembayaran bulan Agustus.
“Pemerintah sangat berhati-hati dalam menerapkan penyesuaian tarif dengan tetap menjaga daya saing industri di Batam,” ujar Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Jisman P. Hutajulu, pada 28 Juni lalu.
Lebih lanjut, Zulhamdi, Sekretaris Perusahaan PT PLN Batam, menegaskan komitmen perusahaan untuk menyediakan pasokan listrik yang andal bagi seluruh masyarakat Batam dan sektor bisnis. Penyesuaian tarif ini dilakukan dengan mempertimbangkan tiga variabel utama, yaitu kurs, harga energi primer, dan inflasi.

“Dengan implementasi penyesuaian tarif ini, PLN Batam memperoleh margin sebesar 3,04% yang sebelumnya masih negatif. Hal ini dapat mendorong PLN Batam meningkatkan keandalan dan pelayanan kepada masyarakat,” jelas Zulhamdi.
Sosialisasi mengenai penyesuaian tarif ini telah dilakukan oleh PLN Batam kepada masyarakat di 48 kelurahan di 11 kecamatan di Batam. Salah satu peserta sosialisasi, Mike Ariani, pelanggan PLN Batam dengan daya 900 VA (6 ampere) di Batu Aji, menyatakan dukungannya terhadap penyesuaian tarif ini.
“Penyesuaian Tarif Tenaga Listrik PLN Batam merupakan hal yang wajar karena pelayanan PLN Batam sudah cukup baik,” ujar Mike. Ia pun berharap PLN Batam dapat mengimbangi penyesuaian tarif ini dengan kinerja yang lebih baik, termasuk meminimalkan pemadaman listrik.
PLN Batam menyediakan berbagai saluran informasi bagi pelanggan yang ingin mengetahui lebih lanjut terkait penyesuaian tarif ini. Pelanggan dapat menghubungi Contact Center PLN Batam di nomor 0778-123 atau mengunjungi posko pengaduan pelanggan di Kantor Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Batam Center, UP3 Nagoya, UP3 Batu Aji, dan UP3 T


