TERASBATAM.id – BPJS Kesehatan memastikan akses layanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tetap terbuka selama libur Lebaran 2025. Kebijakan ini diambil untuk mengantisipasi kebutuhan peserta selama masa liburan.
Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti, menyatakan bahwa layanan piket akan diterapkan di kantor cabang dan Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA). “Adapun jenis layanan yang masih dapat dimanfaatkan oleh peserta di antaranya layanan informasi, layanan administrasi, hingga layanan pengaduan,” ujarnya dalam Konferensi Pers Pelayanan Mudik Lebaran Tahun 2025, Rabu (19/03/2025).
Dengan prinsip portabilitas, peserta dapat mengakses layanan kesehatan di mana saja dan kapan saja, termasuk saat mudik. Jika dalam kondisi gawat darurat, seluruh fasilitas kesehatan wajib memberikan pelayanan.
Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan, Lily Kresnowati, menambahkan bahwa penjaminan dan prosedur pelayanan gawat darurat tetap sesuai ketentuan. Peserta dapat menghubungi Petugas Pemberi Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) jika mengalami kendala.
Pelayanan obat Program Rujuk Balik (PRB) tetap berjalan, dan jadwal pengambilan obat dapat disesuaikan. Status kepesertaan JKN harus aktif, dan peserta dapat memanfaatkan Program REHAB 2.0 untuk melunasi tunggakan.
BPJS Kesehatan juga menyiapkan Posko Mudik di tujuh titik dan satu Posko Arus Balik untuk memberikan pelayanan kepesertaan dan penanganan darurat.
“Harapannya, komitmen yang ditunjukkan BPJS Kesehatan pada masa libur lebaran ini juga didukung oleh seluruh mitra fasilitas kesehatan,” tutup Ghufron.
[winneke asmeralda]


